IPAL ( Instal;asi pengolahan air limbah )

   Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Industri atau pabrik itu sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab banyaknya air limbah yang dihasilkan jika tidak diolah dengan baik maka akan bisa mencemari lingkungan, mencemari tanah dan juga bisa mencemari udara dan air. Terlebih lagi untuk limbah industri yang terdapat kandungan zat zat yang berbahaya, maka harus dilakukan instalasi pengolahan air limbah industri. Tujuannya supaya air limbah yang berasal dari kegiatan industri tidak membahayakan lingkungan ataupun sungai dan lain sebagainya yang terdapat di sekitar kawasan Industri tersebut.

Di sisi lain ada suatu ketidakpercayaan masyarakat jika industri akan bisa dalam melakukan pengelolaan limbah dengan sukarela. Sebab mengingat banyaknya perusahaan industry yang dibangun pada sepanjang aliran sungai, serta membuang air limbahnya tanpa terlebih dahulu dilakukan pengolahan. Perilaku perusahaan yang hanya berorientasi Profit motive serta penegakan peraturannya lemah terhadap pelanggaran pencemaran ini. Maka berdampak timbulnya beberapa kasus pencemaran oleh industry serta banyak tuntutan masyarakat pada sekitar industry. Sampai sampai perusahaan harus mengganti kerugian kepada masyarakat yang terkena dampak buruknya.

IPAL itu begitu bermanfaat untuk manusia dan juga makhluk hidup lainnya, antara lain:
– Mengolah Air Limbah domestik ataupun air limbah industri, supaya air tersebut bisa dipakai kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
– Supaya air limbah yang akan di alirkan kesungai menjadi tidak tercemar.
– Supaya Biota-biota yang ada di sungai menjadi tidak mati
.

 Fungsi dan Manfaat IPAL

  • Mengolah Air Limbah Menjadi Air yang Lebih Bersih
    Karena air limbah telah dilkakukan proses penyaringan ketat sehingga air limbah menjadi lebih bersih dan tidak berbahaya.
  • Menjaga Ekosistem
    Pengolahan air limbah yang baik akan bermanfaat bagi ekosistem di air tersebut yang tentunya tidak akan merusak ekosistem. Selain itu juga air tidak membahayakan masyarakat yang masih menggunakan seperti sungai dalam beraktifitas.

Dapat Dimanfaatkan Kembali
Ketika air limba telah diolah dengan baik sehingga air menjadi bersih kembali maka suatu industri dapat memanfaatkan kembali air tersebut untuk proses industri. Hal ini juga menjadi nilai lebih karena dapat mengurangi biaya dalam kebutuhan pembelian air bersih.